Blog

CeritaSisin.com

Agar yang terlupakan tidak dilupakan

Sumber: CeritaSisin.com

Iklan

Rahasia Tawar Menawar

Sekarang tepat jam 12.45 malam dan gue berencana untuk cerita ” real story “ke kalian tentang pengalaman gue soal tawar menawar, jadi gini ceritanya..

Alkisah ketika gue sedang menonton TV di ruang tengah bersama kakak perempuan gue tiba-tiba masuklah seekor burung ke ruang tamu gue, waktu itu gue gak ngerti apa-apa soal burung (selain burung punya gue tentunya) termasuk jenis dan namanya (jenis sama nama kan sama aja !).Burung tersebut duduk di bangku ruang tamu gue,tunggu.. gue bayanginnya serem ada burung bisa duduk, oke ganti aja, burung tersebut bertengger di kursi ruang tamu rumah gue dan ketika gue menyadari kehadirannya, seketika itu pula secara perlahan gue dan kakak gue menutup semua pintu, jendela dan hati (waktu itu gue lagi patah hati ceritanya) yang ada di rumah sehingga burung tersebut telah kehilangan semua peluang yang ia miliki untuk kembali dengan selamat ke kampung halamannya.

Setelah menyusun rencana dengan matang, gue dan kakak perempuan gue sepakat untuk menangkap burung tersebut dengan menggunakan tudung nasi (itu loh yang buat nutupin makanan di meja biar gak kena lalat dan sejenisnya) paling besar yang ada dirumah, waktu itu gue menghindari kontak langsung anggota tubuh gue dengan si burung karna untuk jaga-jaga apabila burung tersebut memiliki ‘bisa’ yang mematikan!

Dengan ancang-ancang yang matang burung tersebutpun berhasil gue tangkap tanpa ada perlawanan berarti, tentunya setelah 2 kali penangkapan sebelumnya yang gagal karna gue yang berusaha menghindari ‘bisa’ yang disemburkan oleh burung tersebut.Usut punya usut ternyata burung tersebut adalah burung murai batu, buat yang tau jenis burung ini pasti tau kalo harga ini burung lumayan mahal, maka dari itu gue beliin si burung murai itu sangkar yang besar supaya ekornya yang panjang gak rusak karna benturan.

Seminggu dua minggu terlewati dan burung tersebut mulai bersiul yang ternyata siulannya benar-benar indah, setelah gue perhatiin dengan seksama ternyata di kaki burung murai tersebut ada semacam cincin plat besi bernomor yang setelah gue selidiki ternyata merupakan kode asal,jenis dan kontes yang pernah di menangin burung tersebut, tetapi walaupun itu murai gue pajang tiap hari di teras rumah, tetap aja gak ada satu orangpun yang datang ke gue buat nyari burung yang lepas.(bang ini cerita tentang tawar menawar atau sejarah burung peliharaan lo?)

Hingga suatu hari 2 orang pria tak dikenal datang ke rumah buat nanyain soal burung gue (burung murai ya, bukan burungnya gue), tetapi mereka bukan nanyain soal burung hilang melainkan harga burung murai tersebut!gue cukup yakin kalo gue gak nempelin tulisan “jual burung” di sangkar burung dan di pager rumah gue!emang ada tulisan “jual” sih tapi itu dirumah tetangga gue, dan yang dijual itu tabung gas buat perang petasan pas lebaran, bukan burung!akan tetapi 2 pria tersebut tetap kekeh nawarin harga buat si murai dan terpaksa gue (orang tua gue maksudnya) tolak karena barang tersebut merupakan barang temuan!

Anehnya, burung yang gue tolak buat dijual tersebut mati beberapa hari kemudian karna diserang tikus,dan hal ini mengingatkan gue akan kalimat mitos di masyarakat yang berbunyi “barang kalau udah ditawar mahal terus ditolak biasanya kalau gak barangnya rusak ya hilang”, yang kebetulan juga kalimat ini baru gue denger beberapa minggu setalah wafatnya si murai yang gue beri nama “sa-murai” di akhir hayatnya (biar ada tulisan di papan nisannya makanya gue kasih nama).

Hikmah yang bisa di ambil adalah ketika kalian kedatangan seseorang yang tidak dikenal di rumah yang secara sepihak menawar harta benda yang kalian miliki, maka alangkah baiknya jika kalian mencatat data lengkap orang tersebut seperti nama, alamat rumah, nomer hape, nomer sepatu dan sejenisnya agar jika hal yang gue ceritakan sebelumnya terjadi, lo bisa samperin rumah orang tersebut dan tawar segala hal yang orang tersebut miliki!lo bisa mulai dari nawar harga rumahnya, terus lo tawar juga harga kendaraannya dan jangan lupa buat nawarin dia pekerjaan baru!

oke sekian dari gue, sampe ketemu lagi.

Kuliah jurusan apa ya?

13 November 2016 dan gue baru punya waktu buat ngedit ini post!yaah.. bukan berarti gue orang sibuk sih, gue gak sempat cuma karna kemaren-kemaren gue dapet banyak tugas dari dosen.. dan sebenarnya  saat ini pun gue masih ada tugas dari dosen yang harus diselesaikan dalam waktu kurang dari 6 jam.

Berhubung gue udah muak sama tugas yang gitu-gitu aja, maka gue putuskan untuk berhenti sejenak ngerjain tugas dan balik nengokin blog asal asalan gue! (padahal sebenernya gue buka blog lagi karna ada email dari operator yang bilang kalo blog gue mau di block karna gak aktif dan gak ada pengunjungnya) nah sebelum kita bahas topik hari ini gue akan cerita sedikit mengenai gambar ilustrasi diatas, ya benar! gambar diatas adalah foto sepupu gue yang lagi nangis di sebuah air terjun!sangat miris sekali karena gambar tersebut menurut gue benar-benar mewakili perasaan calon mahasiswa yang lagi kebingungan memilih jurusan kuliah yang mau diambil, calon-calon mahasiswa tersebut sama persis kaya sepupu gue  yang lagi nangis teriak minta tolong tapi gak ada yang denger karna suaranya tersamarkan oleh suara air terjun dibelakangnya,tapi bedanya waktu itu gak ada yang mau nolongin sepupu gue (kasian ya) sedangkan saat ini ada gue yang mau nolongin kalian (sombong banget bang) karna itu gue saranin buat lo semua yang masih galau soal jurusan buat baca tulisan ini sampai selesai 🙂

Tepat seperti judul hari ini, kali ini gue akan ngebahas tentang masalah jurusan yang harus lo ambil waktu mau kuliah! Jadi gini, kalau dari yang gue lihat tuh sebenernya masih banyak anak-anak muda lulusan SMA yang kebingungan buat milih jurusan apa yang harus dia ambil waktu kuliah, kebanyakan malah pilih jurusan asal-asalan atau ikut-ikutan temen!yaah sebenernya sih fine-fine aja kalau kalian mau milih asal atau ikutan sama temen, tapi kan berhubung biaya yang dikeluarin buat kuliah itu gak sedikit dan kalau jurusan yang dipilih gak cocok itu urusannya dan nyeselnya bisa panjang dan lama bangeet, maka gue saranin elo elo yang baca artikel ini buat hati2 sewaktu mau milih jurusan!

Nah!jadi gini, kalau menurut pertimbangan gue yang namanya cita-cita itu akan ngaruh banget sama jurusan yang mau lo ambil!jadi buat lo yang mau jadi dokter, perawat, bidan, pilot, pengacara, manajer, akuntan dan sejenisnya.. gue ucapin selamat! karna lo punya impian yang jelas dan lo tau jurusan apa yang harus lo ambil!

Yang jadi masalah adalah orang-orang tersesat (bukan dari dunia lain ya!) yang tidak punya arah dan tujuan, mereke adalah orang-orang yang cuma ikut-ikutan kuliah dan rata-rata dari mereka rela seandainya ada orang lain yang mau nentuin arah jalan hidup mereka.Buat lo yang lagi ngerasa gini jangan khawatir, karna dulu pun waktu gue baru lulus SMA gue juga ngerasain masa-masa itu.

Di kesempatan ini gue GAK AKAN nyuruh lo buat liat bakat lo, nyari minat lo, nanya ke orang tua lo atau apalah itu yang biasanya udah pernah orang lain saranin ke lo semua, Gue cuma akan nyaranin lo buat ngambil jurusan Akuntansi, Manajemen atau Hukum!! pertanyaannya adalah “Kenapa jurusan itu?”,”KENAPAA??”, karna menurut gue jurusan tersebut adalah jurusan yang ilmunya pada dasarnya bisa terpakai di jenis perusahaan dan situasi apapun, serta punya pengaruh yang cukup signifikan dalam praktiknya!oia jurusan ini menurut gue juga cukup bermanfaat buat orang yang sekedar ngisi waktu luang karna lagi nyari jati diri ataupun nunggu kesempatan ikut ujian ulang buat jurusan yang diimpikan.

Bicara soal jurusan yang bisa dipakai di perusahaan apapun pasti gak masuk akal kalau ternyata jurusan itu cuma Akuntansi, Manajemen sama Hukum kan? (kalo cuma jurusan itu yang penting terus jurusan yang lain buat apaan bang?)jadi biar gue jelasin sekarang!lo betul kalo lo mikir jurusan Psikologi sama Bahasa juga bisa masuk di perusahaan apapun,tapi inget!kedua jurusan tersebut gak bisa mempengaruhi secara signifikan! kenapa pengaruh yang signifikan ini penting? karna gue gamau lo belajar sesuatu yang gak bisa punya pengaruh besar!tanpa ada pengaruh maka lo gak bisa merubah sesuatu seperti yang lo mau dan lo juga akan gak dianggap sama orang-orang sekitar lo!gak ada orang yang mau gak dianggap di dunia ini!

Sejujurnya, Psikologi dan Bahasa itu penting, tetapi kalau itu satu-satunya yang lo kuasain maka lo gak akan berpengaruh!mungkin lo bisa deteksi kebohongan dan kejujuran orang lain dari mimik wajahnya karna lo ahli Psikologi, tetapi ketika lo dibohongin pake hal-hal yang berbau akuntansi mungkin lo gak akan sadar karna lo gak ngerti akuntansi,dan kalau pun lo sadar lo tetap gak bisa buktiin apa-apa karna lo gak punya ilmu akuntansi,tapi seandainya lo nguasaiin Akuntansi dan bisa ilmu Psikologi dikit-dikit maka lo akan bisa ngatasin situasi seperti itu!begitu juga sama jurusan bahasa, kalo lo cuma bisa bahasa asing aja mungkin pengaruh lo akan kurang terasa, tapi kalo lo jago ilmu Hukum dan didukung sama kemampuan bahasa asing yang bagus maka lo akan punya pengaruh lebih besar!ibarat permainan game perang, Akuntansi, Manajemen sama Hukum itu harus lo jadiin senjata utama karna jarak serangnya, damage nya yang bagus serta mudah disesuaikan sama kondisi!Bahasa dan Psikologi harus lo jadiin senjata pendukung supaya kualitas lo makin bagus!karna itulah buat lo semua yang gak punya cita-cita gue saranin ngambil jurusan Senjata Utama!dengan begitu setidaknya nantinya lo tetap akan bisa menyesuaikan diri di situasi apapun karna senjata lo yang emang mendukung berbagai macam situasi, tinggal lo nya aja gimana ngasah senjata lo biar makin tajem!nah itu saran dari gue buat yang lagi galau nyari jurusan kuliah, buat malem ini segini dulu aja ya gaes!